Mengheningkan Cinta Untuk Ali

Ini bukan kali pertamanya aku kembali jatuh hati kepadamu Ali, ini adalah yang beribu kali. Aku mengenalmu telah lama, mungkin saat aku membuka mata di dunia ini aku telah melihatmu, mengenalmu, dan jatuh hati padamu. Ya jika memang itu mengungkapkan dan mewakili bahwa aku mengenalmu dan jatuh hati kepadamu sejak lama. Aku telah mendengar kisahmu yang seperti pahlawan besar. Menolong Ayah saat ayah dikejar oleh orang-orang yang berniat jahat dan tak menyukainya. Kau menolong Ayah, menyelamatkan hidup Ayah, padahal waktu itu kau masih sangat belia. Kisahmu itu seperti pahlawan di mataku Ali, dan sejak saat itu aku mulai mengagumimu. Kau pahlawanku.
Kau laki-laki pekerja keras, semua orang tau itu. Dibalik senyummu yang ramah, tawamu yang riang, dan semua tindak-tandukmu yang lembut bak seorang penyayang ulung. Kau  adalah lelaki tegas dalam mengambil keputusan yang pernah kutau. Walau kadang aku mengetahui sedikit sisi kekanak-kanakanmu yang tak bisa kutolerir, sebab benar-benar terlalu dan sudah kurang pantas untuk usiamu yang memasuki fase dewasa. Seperti bercanda dengan berlebihan bersama sahabatmu, bahkan sampai bernegosiasi dengan teman yang lain, untuk bertukar piring dengan makanan yang lebih banyak porsinya dari piringmu. Haha, itu lucu dan kekanak-kanakan bukan? Aku tak tau kau hanya bercanda atau itu memang benar adanya. Tapi itu tak enak untuk di pandang Ali. Kau sudah besar, dewasa, dan berwibawa adalah pilihan yang tepat untukmu saat ini. Aku tidak menghakimimu, aku hanya mengungkapkan saja apa yang selama ini mengganjal di hatiku. Kau adalah Ali yang indah, jika ditambah dengan sikap yang berwibawa. Aku tak berdusta.
Tentu aku tau Ali, saat beribu perempuan mengagumimu. Aku tidak buta, dan aku sadar kau memang sosok yang pantas untuk dikagumi. Aku tidak pernah cemburu akan hal ini, mungkin. Bahkan aku akan menjadi pendukungmu jika memang ada salah satu perempuan dari ribuan yang mengagumimu, yang memang telah Allah jodohkan denganmu. Ya, walau aku tak tau bagaimana rupaku saat datang di pernikahan syahdumu kelak.
Oh ya, mengenai kata cemburu, aku tak memiliki hak apapun untuk sedikit merasakan kata cemburu itu bukan? Sebab aku memang hanya seorang Fatimah yang mengheningkan cinta untukmu. Mungkin memang wajar saat cemburu itu datang, sebab rasa ini telah ada sejak dahulu, namun kembali lagi kepada hakikat semula dalam mencintai. Sebermula aku jatuh hati kepadamu sebab Allah yang memberikannya di hatiku, maka jika memang Allah tak menghendaki rasa ini membersamai hidupku. Aku mafhum.
Ali, aku menutupi rasaku padamu, hingga aku berharap setanpun tak mengetahuinya. Bukankah cinta ini fitrah, anugrah terindah dari Allah yang harus ku jaga? Maka sejak awal aku menyadari rasa ini padamu, sejak aku masih kecil, aku akan menjaganya, hingga bila memang Allah menjodohkanku dengan lelaki lain sebaik engkau Ali, maka rasa yang telah lama aku heningkan ini dapat kuhapus hingga…, ya, hingga setanpun tak tau. Namun jika memang Allah menuliskan jodohku di Lauhul mahfudz itu adalah namamu, syukur tak terperi aku panjatkan selalu pada sang maha pemilik hati dalam setiap cinta. Syukurku pada Rabbul izzati pemilik setiap rasa di dalam hati.
Yang kutau Ali, saat ini, saat aku menjaga hatiku dari rasaku padamu. Rasa itu tumbuh berkali-kali. Sepertinya musim semi ini, selalu datang lebih lama daripada musim gugur. Bunga-bunga itu tumbuh, dan harumnya semerbak memenuhi ruang-ruang kosong dalam hatiku.
Engkau lelaki baik, solih, dan riang yang pernah ku kenal, semoga engkau pernah mendengar ini ya. Aku yakin jika jodoh kita yang telah Allah tuliskan di Lauhul Mahfudz tak akan tertukar. Kelak kita pasti akan bertemu dengan jodoh kita. Ada dua jalan untuk bertemu. Jalan akhsan dan jalan yang Allah tak menyukainya. Jika kita memilih jalan akhsan sebagai seorang hamba yang ingin disayang Tuhan, maka jodoh kitapun seperti pantulan cermin yang berada di depan kita. Ia juga akan memilih jalan akhsan untuk melepas rindunya dalam ikatan suci pernikahan dengan kita. Namun sebaliknya juga dengan pilihan memilih jalan yang Allah tak menyukainya. Kitapun akan dipertemukan dengan jodoh kita dengan cara yang sama saat kita mencarinya.
Kita pasti akan bertemu dengan jodoh kita. Tinggal kita memilih jalan mana yang akan kelak kita lalui. Engkau Ali, aku jatuh hati padamu sedari dulu. Namun sebelum itu aku telah mencintai Allah lebih dari apapun. Aku percaya, bahwa apa yang Allah rencanakan untukku adalah yang terbaik. Aku Fatimah, memang jatuh hati padamu, berkali-kali, namun izinkan aku untuk selalu mengheningkannya. Hingga kelak, biarlah Allah yang menyampaikannya kepada hati yang tepat. Entah engkau, entah siapa.
by
akhwatodongsholihah.com
cc : azryzahra.wordpress.com

MANUSIA MILENIUM 3 (“3rd millenium man” => “moslem 3rd millenium”)

sadar tidak sadar, kita berada pada era milenium. Tepatnya milenium 3 gan!. Nah lhoo!!. apa itu milenium??apakah sejenis mineral?kalsium, ferum, kalium?heh ngaco!!, bukan!!. milenium adalah masa 1000an tahun. Contoh tahun 1-1000 disebut milenium 1, tahun 1001-2000 disebut milenium 2, tahun 2001-3000 adalah milenium 3!.

 

jadi, sudah jelas, kita berada di era milenium 3 terhitung sejak 2001 lalu. Sebenernya, tulisan ini, saya bikin iseng karena gak sengaja menemukan sebuah majalah di era milenium 2 lalu. Tepatnya tahun 1999, yup pas CDS lahir hehe, saat saya berusia pas 9 tahun. Yak, majalah kesayangan saya “BOBO”,

hehe #jadi malu#, sekarang udah mahal banget tuh majalah >__

 

oke, kembali ke topik, judul asli artikel yang saya baca itu adalah “Anak Milenium 3”, untuk dulu agan agan yang mungkin masih kecil imut imut. Sekarang kan sudah berumur belasan tahun atau duapuluhan?iya kan?atau masih ada yang tetep umurnya??ya gak lah!. Jadi izinkan saya meng edit judul di atas menjadi “Manusia Milenium 3” atau “3rd millenium man”. Kita jadi teringat serial Panji Manusia Milenium saat jadul dulu, wakakakakaka.

 

Pertanyaannya??apakah kita mau menjadi Manusia Milenium 3 yang baik?saya khawatir, kalau temen temen membayangkan bakal seperti Panji di serial tersebut, lalu memakai pakaian serba silver dan berharap bisa terbang. Jangan ya!, ntar pesawat gak laku, dan jalan jalan di bumi sepi, karena lalu lintas dipindahkan ke udara, #imajiner#.

Btw, trus gimana jadi manusia milenium yang keren itu??. sabar sabar. Sebelumnya sodara sodara, halah, kita harus bersyukur dulu kepada Allah SWT, yang telah menciptakan bumi dan segala isinya, juga waktu, di surat Al Asr. Okey, ya iyalah, karena kehendakNya, kita ada di milenium 3, bahkan lintas milenium lagi. Pan dari milenium 2 trus mendarat ke milenium 3, hehe. Alhamdulillah gan ^__^.

  1. terbuka dan demokratis

di artikel tersebut, diprediksikan kalo orang orang di milenium 3 nanti, akan terbiasa menyerap ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Dari orang tua, satelit, televisi, temen, dll.. kita harus terbuka menerima pendapat orng lain, jangan sok menang sendiri, menghargai pendapat orang lain, kalau ad perbedaan pendapat ya berdebat!. Hmm jangan lupa, perdebatan sehat adalah salah satu ciri demokrasi.. okey, sekarang coba deh, klopkan dengan ayat di bawah ini< (waduh, dikit dikit ayat, ya kan qur’an petunjuk kita gan^^).

 

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS Ali Imran : 159)

Allah SWT menjelaskan bahwa setiap manusia hidup di dunia tidak terlepas dari problem dan persoalan yang dihadapi. Untuk itu mereka harus dapat memecahkan masalah tersebut. Adapun cara menyelesaikan persoalan hidup dalam surat Ali Imran ayat 159 dijelaskan, harus dengan mencontoh dan mengambil teladan dari nabi Muhammad SAW yaitu dengan cara lemah lembut berdasarkan rahmat Allah SWT, setiap persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah.

Kalau kita mempunyai persoalan, sedang kita sudah memecahkannya dengan cara bermusyawarah yang kita kehendaki maka kita serahkan saja kepada Allah SWT apa hasil yang akan dicapai nanti. Karena sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang bertakwa dan berserah diri kepadanya.

 

Rasulullah telah memberikan contoh tentang musyawarah. Menjelang perang Uhud terjadi perbedaan pendapat antara beliau dengan sejumlah sahabat. Nabi SAW berpendapat sebaiknya orang Islam bertahan di dalam kota, tetapi sebagian sahabat beliau agar musuh dihadapai di luar kota. Nabi akhirnya menerima usul mereka walaupun dengan berat hati. Setelah terbukti kalah dalam perang itu, Nabi tetap bersikap lemah lembut kepada mereka.

Sip kan??yup musyawarah sangat diperlukan dalam memcahkan masalah. Al Qur’an aja yang turun di milenium sebelum milenium 3, udah menjabarkan semuanya gan !!

 

2.kreatif

kita lihat sekarang, anak SD aja udah ada yang bikin robot tuh, robot, robot, yang dulu mungkin hanya bisa kita lihat di televisi. Apalagi kalau bukan dari negarnya doraemon tuh!!. sekarang anak Indonesia aja udah ada yang pernah bereksperimen bikin robot, tentunya belum secanggih Jepang lah. So, kita harus kreatif kan??masa kalah sama anak TK SD??. Tapi, yang perlu kita inget nihh, kita adalah muslim, dan seorang muslim, so,,,,

 

kreativitas seorang muslim harus diarahkan untuk mengekspresikan kebenaran absolut yang diyakininya, dan untuk menambah keimanan… , caranya gimana??Sebagai muslim, kita diharuskan untuk dekat dengan ‘sisi kreatif’ berdasarkan spiritualitas kita. Kreativitas dikembangkan melalui ibadah kita; shalat, shaum, bersedekah, berdoa, mentadaburi tanda-tanda kekuasaan Allah dan makna-makna di dalam Al-Qur’an. Tatkala kita bisa menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah yang menakjubkan di alam semesta dan di dalam diri kita, maka kita dapat bergerak menuju kreativitas. Kita akan memecahkan ketakutan dan menguatkan kepercayaan diri kita. Selanjutnya adalah mencari jalan untuk mengekspresikan semua hal itu. Banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi kreativitas.

 

Kreativitas orang lain bisa menjadi inspirasi buat kita. Dan yang terpenting lagi, Allah menjadi inspirasi tertinggi kita. Dialah yang telah memberi kita pemahaman dan kemampuan kepada kita untuk mengekspresikan diri kita. Sebagai manusia, kita merupakan bagian dari kreativitas Allah. Maka kita pun diharuskan untuk kreatif dan berwawasan tinggi. Banyak orang yang berharap agar mereka bisa lebih kreatif, namun tidak dapat melangkah menuju kreativitas tersebut. Betapa seringnya kita memiliki ide-ide unik dan mimpi-mimpi indah, namun tidak memiliki cara untuk mengaktualisasikan semua itu.

 

remaja dan pemuda Muslim harus mengarahkan kreativitasnya dalam hal-hal yang mendatangkan pahala dan keridhaan Allah… ^__^. setiap manusia, pasti punya potensi atau bakat yang Allah titipkan, untuk apa?tak lain sebagai bekal kita agar lebih mudah menjalankan tugas kita sebagai khalifah. Ada yang punya bakat menyanyi, bisa disalurkan untuk nasyid, desain, untuk membuat pamflet, gambar gambar islami, menulis, dll. Wah pasti sangat asyik, kalau kita punya kelebihan, dan kelebihan itu menghasilkan kreativitas yang dengannya bisa bermanfaat bagi islam^__^ iya kan??hehe, so asah kreativitasmu..

 

3.tahan banting

ciri manusia milenium 3 adalah TAHAN BANTING!!! seperti Ade Rai, dengan otot besinya, dibanting 1000 kali gak remuk, iya kalau ototnya beneran besi, tapi ini otot empuk je..hehe. Maksudnya gini, kita kagak boleh banget putus asa. Sebab orang pinter akan semakin banyak. Persaingan juga semakin ketat. Terbukti kan sekarang?nilai standar kelulusan UNAS saja udah naik banget tuh, bahkan SMP udah 6, kayak adek saya nih, bingung, puyeng mikirnya hehe. Itupun kita masih kalah ma Malaysia yang rata rata kelulusan udah 7. ya, zaman emang semakin berkembang, dan kita gak boleh putus asa dengan perkembangan zaman #lhooo??#, justru kita harus bersyukur, banyak orang yang pinter, seiring pula, mindset mereka tentang Islam semakin terbuka. Kan kita diharusin memahami semua ini dengan akal pikiran, baru deh ketemu iman iya gak?^__^. Namun, ternyata Islam sangat membenci PUTUS ASA!, rahmat Allah itu luas banget, Dia akan menerima hambaNya yang mau berserah diri. Jadi, putus pacar? Lho?, rangking turun?jangan minder..serahkan semuanya sama Allah

 

4.cinta damai

semua orang ingin hidup dalam kedamaian dan rasa cinta. Itu emang sudah fitrah, gak ada lah, orang yang pengen ributttt terus. Sama temen ribut, sama suami istri ribut, mertua, ortu dan lain lain yang mau diajak ribut >__ 

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu. (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas” (QS. Al-Baqarah 2:190). . y

yup lah, kita gak akan perang, kalau gak diserang duluan. Allah gak suka nglihat kita orang Islam perang duluan, atau marah duluan. Lihatlah saudara kita di Palestina sana?sebenernya siapa sih yang salah??kan tanah Palestina, kok Israel mau minta??mintanya dengan kejam lagi. Saya tidak perlu menceritakan secara detil yang sebenernya terjadi di sana, saya yakin, temen temen sudah paham akan hal ini, jadi, jika kita tidak mempunyai rasa belas kasihan kepada saudara kita di sana, hmmm mungkin perlu direparasi lagi hati kita, karena apa??muslim itu bagaikan satu tubuh, jika salah satu sakit, harusnya yang lain ikut merasakan sakit ^__^.

 

5. jago teknologi informasi

internet dan teknologi akan menguasai milenium 3!. mengirim sesuatu dari satu benua ke benua lain cukup dengan memencet tpmbol. Untuk chat, bisa langsung melihat langsung di layar dan bla bla bla. Kita tidak perlu sekaget ini, karena kita sekarang sudah terbiasa menggunakannya, bener tidak?bahkan agan agan membaca note ini pun, saya yakin dengan ainul yaqin, dengan bantuan FB, nah lhooo??^__^. Kita sangat berterima kasih dengan kemajuan IT tersebut, karena itu merupakan suatu kenikmatan. Tapi di samping itu, kita juga harus menggunakannya seefektif mungkin, agar bermanfaat. Sebenernya saya berat menuliskannya, karena saya juga belum bisa efektif hehe. Namun, jika kita berusaha menasehati orang lain, maka yang pertama mendengar adalah telinga kita,   jadi jadi malu lah hehe. Jadi kita belajar bersama ya.

 

6. bahasa inggris oke!!

sebenarnya bukan hanya bahasa Inggris saja, bahasa bahasa yang lain misalnya, Jepang, Arab, Cina, Spanish, dll perlu kita kuasai. Tapi sebagai remaja Islam, sepertinya tambah qualified bila kita menguasai bahasa arab terutama. Kan kalau kita mendengar Al Qur’an atau hadist, kita bisa langsung paham artinya hehe. Bahasa Inggris, ketinggalan sekali, kalau belum bisa, termasuk yang nulis ini #open disgrace# . Saat ini, bahasa Inggrislah yang sudah menjadi bahasa Internasional, jadi mau tak mau, kalau kita ingin menjadi manusia M3, ya minimal tahu lah dikit dikit kedua bahasa tersebut.

 

7.cinta alam

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan-tangan manusia, supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum [30]: 41).

tsunami aceh 2004, gempa Yogya 2006, lumpur lapindo, longsor, banjir dll. Cukuplah menjadi sentilan kepada kita, manusia yang sering lalai menjaga alam. Banyak ahli juga memprediksikan, bahwa bumi di M3 akan semakin “rusak”, bukan menakut nakuti lho. Itu sebabnya orang orang yang peduli dengan lingkungan akan semakin banyak. Kasihan nanti generasi penerus di bumi, kalau buminya di sana sini rusak, ntar lama lama gak ada sungai deh, coz menguap kena pemanasan global, jangan ya!!. sebagai khalifah, kita juga harus merawat bumi juga, bisa dimulai dari pekarangan rumah sendiri mungkin, kan sejuk tu, jika ada kebun Negeri Dongeng di rumah kita hehe. Go green Untuk Bumi ^__^

 

8.tetap rileks

judul aslinya itu “tetep bermain”, cuma saya yakin, kalo temen temen yang baca udah gak jamanya lagi main mobil mobilan atau boneka, jadi diganti ‘rileks’ aja ya!. Khusus nih bagi temen temen yang super sibuk sibuk gitu, kayak temen temen kura kura, kuliah rapat, kuliah rapat. Amanah banyak, super aktivis berat. Rapat apa?macem macem, ada di Rohis, di DS, DK, dll. Hehehehe, meski, kita punya tanggung jawab yang ‘lebih’ nih, tapi jangan ‘spaneng’ deh ya, muka ditekuk abis, kayak lipatan baju. Longgarkan wajah, hah??dengan tetep senyum, bikin nyante, tapi tetep serius. Sesekali adalah saatnya kita rileks dengan banyak becanda dan berolahraga, Bahkan Rasulullah pun suka bercanda.Gimana ya??ya semoga kita gak perlu mikir dulu ya kalo becanda, takut kalau gak bener ^__^.

 

Anas ra. Meriwayatkan bahwa

pernah ada seorang laki-laki meminta kepada Rasulullah agar membawanya

di atas kendaraan. Kemudian Rasulullah berkata: “Aku akan membawamu di

atas anak unta”. Orang tadi bingung karena ia hanya melihat seekor

unta dewasa, bukan anak unta. Kemudian Rasulullah berkata: “Bukankan

yang melahirkan anak unta itu anak unta juga?” (HR.Abu Dawud dan

Tirmidzi dengan sanad yang shahih). Wkakakaka, bisa aja deh ya Rasul kita tercinta, walau beliau seorang Rasul, tapi tetep tidak terlepas dari humor,. Tapi ingat, Rasul pun becandanya beda, Dari Abu Hurairah ia berkata, “Ya Rasulullah, sungguh engkau sering

bergurau dengan kami”. Kemudian Rasulullah berkata “Tapi, sungguh aku

tidak mengatakan kecuali kebenaran”. (HR Tirmidzi, Hadist hasan). maka bercanda pun ada adabnya.

 

 

wuaaahhhh, beratttt ya…. jadi manusia M3, tapi klo dipikir pikir itu ada ya di Islam, so,,, ijinkan saya lagi mengubah judul di atas menjadi “moslem 3rd millenium”. Bagaimana kalau kita sebagai manusia milenium berkpribadian islam lengkap,??? terutama para remaja seusia kita, di mana masa depan agama dan bangsa ada di tangan kita. Jadi, tak lain tak bukan, Islam is a solution??karena semuanya lengkap ada di Islam. Kita tinggal buka Qur’an, insya Allah semuanya lengkap, kalau masih bingung, mohon sama Allah apa permasalahan kita, insya Allah semuanya beres, karena kita sudah punya pegangan ^__^.

semoga, ini adalah tulisan dari ‘ADVOINFO’ CDS yang bisa membuat temen temen terinspirasi dan termotivasi Soalnya biasanya hanya copas hehehe. Maaf jika tulisannya terlalu panjang, karena saya menulis apa adanya, dan memang kalo diklopkan dengan permasalahan yang terjadi sekarang memang tidak jauh berbeda, bahkan SAMA. Subhanallah, dan semuanya sudah disampaikan oleh Rasul kita berabad abad yang lampau. Tinggal kita bagaimana bisa menyesuaikan diri dengan permasalahan yang terjadi sekarang. Karena sekali lagi islam sesuai dengan perkembangan zaman ^__^. ini juga sebgai muhasabah pribadi bagi diri sendiri, betapa sampai hari ini pun, masih belum bisa mempertahankan keistiqomahan. #lagi belajar nulis inspiratif motivaTIF# maaf ya kalo banyak kekurangan😛😛

*****

 

Kehidupan :(RAIHAN)     

 

 

Kehidupan yang kau lalui

Tiada berarti namun kau masih tak menyadari

Bila wajahmu pucat lesu terbujur kaku

 

Bimbang hidup kau kan berakhir

Tidak kah kau tahu Dia yang Maha kuasa

Masih tak mengerti tiada hidup tanpa-Nya

Lalu kaupun tunduk membisu

Sejuta ketakutan

Bayangkan dosamu bagai lautan

Harap diberi peluang

Umur yang panjang

Kau kan jadi hamba yang sejati

 

SUMBER AKURAT  

 

Al Qur’an Al Karim

redaksi, majalah BOBO,anak milenium 3.1999

www.manasaja.com

NYALAKAN MIMPI DI SEKOLAH

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar.

Allahu Akbar Lailahailallah huwallahu akbar Allahu Akbar Walillahilhamd.

 

Malam ini, gema takbir berkumandang di seantero bumi….insya Allah…., mengumandangkan takbir, menyebut asmaNya. Di jalan jalan menuju lapangan, entah di kecamatan atau di Bantul kota, ramai dipadati masyarakat.

 

Ramadhan “berpamitan”, dia sudah menemani kita selama sebulan, lalu diganti dengan Syawal dan bulan bulan lain. Dan dia akan terus datang kepada kita, tinggal kitanya, masih bisa bertemu atau tidak???. Perkara masih bisa bertemu dengan Ramadhan atau tidak itu rahasiaNya, yang terpenting bagi kita adalah selalu mempersiapkan diri untuk menyambutnya, bukan begitu??

 

Tamu istimewa Ramadhan yang baru saja berpamitan…..sudah pasti harus kita hormati, kita jamu dengan pelayanan yang terbaik, layaknya seorang tamu, agar dia betah berlama lama ke tempat kita, karena Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk memuliakan tamu ^__^.  Maka temen temen CDS Bantul menebar kebaikan bersama Ramadhan dalam Ramadhan At School ^___^, mengadakan acara acara yang bermanfaat dalam rangka menebar kebaikan serta memuliakan Ramadhan ^___^

 

Hajatan yang wajib’ain dilaksanakan setiap pertengahan Ramadhan tahun ini berlangsung dari tanggal 15 Ramadhan hingga 22 Ramadhan 1432 H lalu bertempat di SMA N 1 Imogiri, SMA N 1 Sanden, dan MAN Sabdodadi. Alhamdulillah, tahun ini, kita dipercaya sekolah madrasah juga yang notabene lebih paham tentang hokum agama, insya Allah.

 

“NYALAKAN MIMPIMU”, adalah tagline R@S tahun ini. Mimpi apa????macam macam ,mimpi ingin jadi dokter?presiden?punya rumah, bahkan mimpi bertemu Rasulullah SAW…Allohumma Amiiin….tapi sebagai orang Islam, pastinya mimpi yang terbesar adalah sukses dunia akhirat dan mendapat keridhoanNya, iya kan?kalau Allah udah ridho ke kita, udah saying ke kita, maka mimpi mimpi yang lain insya Allah gamppang dinyalakan😛. kembali ke mimpi, maka jika tiada bulan dalam 12 bulan qomariyah selain Ramadhan yang di dalamnya bejibun pahala, obral pahala?lalu bulan apa lagi?. Jadi tema kali ini adalah menitikberatkan pada ikhtiar kita semuanya untuk memaksimalkan bulan Ramadhan dengan banyak banyak beramal, atau dengan kalimat lain, kita berproses untuk menyalakan mimpi mimpi kita ibarat lilin lilin yang kita nyalakan satu persatu sehingga menjadi kumpulan cahaya terang yang berasal dari lilin lilin kecil!! Apa tujuannya?menjadi KHAIRU UMMAH…sehingga mimpi sukses dunia akhirat insya Allah bisa terwujud ^__^

 

Yang sangat disyukuri dari R@S kali ini adalah rasa antusiasme dari pihak sekolah terkait. Mereka puas dengan kinerja CDS dan alhamdulillah dipercaya untuk mengampu R@S lagi di sekolah yang sama insya Allah..

 

Itulah sedikit agenda Ramadhan kali ini, dan sekarang Ramadhan berpamitan, ada Syawal yang mengunjungi, bergantian hingga Ramadhan selanjutnya. Tapi apakah kita masih bias bertemu lagi??wallahu ‘alam…

 

Setidaknya jangan sampai kita menganggap bulan kebaikan, bulan pahala hanyalah Ramadhan, karena kita masih punya 11 bulan yang lain yang rindu kita perlakukan, kita isi dengan amalan amalan yang sama seperti Ramadhan. Setidaknya juga kita jangan merasa bebas jika sudah memasuki Syawal. Kenapa Ramadhan dianggap bulan special?karena bulan tersebut adalah bulan diturunkannya Al Qur’an, bulan yang Allah mewajibkan berpuasa, kenapa harus Ramadhan?wallahu ‘alam juga, bisa saja Allah memilih bulan bulan yang lain bukan??bagaimana kalau bulan yang dispesialkan itu bukan bulan Ramadhan??apakah kita masih bisa berperilaku sama seperti di bulan Ramadhan???hanya diri kita yang bias menjawab ^___^

 

Yang jelas Ramadhan adalah madrasah kita, bulan pendidikan keislaman kita, di situ kita digembleng untuk melakukan apa apa yang kita lakukan di bulan di Ramadhan agar dilakukan juga di bulan bulan berikutnya. Karena itulah proses menuju kefitrahan kita, berproses menuju perbaikan …..

 

*sebagai pengingat diri*

 

 

Keluarga Besar CDS Bantul mengucapkan TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM SYIAMANA WA SYIAMAKUM, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN, SEMOGA ALLAH MNGAMPUNI SEMUA KESALAHAN KESALAHAN KITA LAHIR DAN BATIN AMIN…

 

 

KR

APA SAJA JENIS JENIS PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA??

Ema Waroka   :”Nin, sebentar lagi insya Allah,  kita akan lulus SMA!”

Nina Zein        : “Iya bentar lagi, Em, semoga bisa lulus 100% ya!”

Ema Waroka : “Amiiin…kamu mau kuliah di mana, Nin?kan jurusanmu IPA?bisa bebas  memilih, gak kayak aku dari IPS…hiks…gak bisa milih yang di IPA…”

Nina Zein        : “Eh, jangan gitu, semuanya sama kok, IPA dan IPS kan tergantung minat. IPA memang boleh milih di IPS, tapi kan juga harus tes ujian mandiri atau SNMPTN tes tulis juga, Em, gak bisa lewat jalur undangan. Ya artinya gak bisa semudah itu donk, masuk jurusan IPS, banyak saingan dari anak IPS juga. Kalau masalah IPS gak bisa masuk IPA, kan juga kebijakan pemerintah, Em, tes masuk jurusan IPA kan banyak hitungan, kasihan anak IPS dunk, ntar harus belajar pelajaran MAFIA gitu deh..hehe..ya terlepas dari itu, gak ada diskriminasi kok antara IPA dan IPS, semua sama, tergantung minat ^__^…, ah udahlah, yuk kita cari tahu info tentang jurusan sama macam macam perguruan tinggi aja, kan banyak banget tuh, ada universitas, akademi, institute, politeknik, dll, jadi gak hanya universitas saja ^^”

 

Ema Waroka : “Iya bener juga…ya…milih jurusan kan harus dipertimbangkan mateng mateng yak…biar kita enjoy ngejalaninnya, jadi bisa ancang ancang ^^”

***

Nah…sobat, itulah sekelumit percakapan BIASA yang terjadi antara 2 orang anak kelas XII SMA yang sedang dag dig dug menunggu hasil Ujian Nasional…Selama menunggu hasil UNAS nya, tentulah buuuanyak banget perguruan tinggi yang sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru, baik negeri maupun swasta. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang sudah membuka jalur pendaftaran jauh jauh hari sebelum pelaksanaan UNAS…hmmm….seolah olah terjadi persaingan yang sangat ketat untuk mencari calon mahasiswa sebanyak banyaknya, ehm sadar tidak sadar…inilah permainan bisnis di ranah pendidikan ^^…tapi insya Allah gak semua kok, yang penting, dari kita niatnya untuk mencari ilmu yang bermanfaat selagi masih muda…^^

Lulus SMA atau MA pastilah 80% pengen melanjutkan ke perguruan tinggi, (beda dengan SMK, yang 80% lebih memilih dunia kerja😛, jangan tersinggung yang esemka ye, kan bisa bikin mobil ^^) terutama PTN yang favorit, terutama pula memilih jurusan favorit di PTN favorit pula, terutama pula jika bisa ketiganya, masuk jurusan favorit di PTN favorit, uang gedungnya dan semesterannya yang favorit murahnya atau bahkan bisa gratis tis, ini sih semua pasti mau, iya gak ^^.

Jadi, sebelum terburu buru mendaftar di suatu perguruan tinggi, atau mungkin sudah ada yang mendaftar lewat SNMPTN undangan, (kalau dulu namanya UMPTN, trus SPMB, tapi sama saja sih :P) ada baiknya kita mengetahui jenis jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia, karena perguruan tinggi tu gak hanya universitas yang seringkali digaung gaungkan di kalangan temen temen SMA, semisal universitas X, universitas Y itu terkenal, terus kita memantapkan hati untuk bisa masuk ke universitas tersebut, yang penting kuliah di situ, apapun jurusannya, kalau gak di situ gak mau kuliah, wah repot donk ^^, tanpa bisa tahu sebenernya minat kita tuh apa..(JADI BERSIKAPLAH DEWASA, HALAH ^^)begitu? lha kita mau kuliah jurusannya atau universitasnya?hal itu gak salah, namun tidak semua universitas membuka jurusan yang bener bener kita minati,  Berikut jenis jenis PT negeri dan swasta di Indonesia ini ^^

#UNIVERSITAS

Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademis dalam berbagai mata pelajaran. Universitas adalah perusahaan yang menyediakan pendidikan sarjana dan pendidikan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, kira-kira berarti “komunitas guru dan peneliti. Contoh UGM, UI, UMY,UNAIR, UNS, dll.  Jadi di universitas, terdapat berbagai macam jurusan yang bisa kita pilih, ada ilmu eksak, ilmu social, dan ilmu bahasa. selanjutnya jurusan tersebut bernaung di bawah fakultas. Missal fakultas kedokteran, di dalamnya banyak jurusan yang terkait tentang ilmu kedokteran, ada pend. Dokter, ilmu keperawatan, gizi, dll, tergantung kebijakan universitas sendiri mau mengelompokkan di fakultas apa. Dan di universitas terdiri dari banyak sekali ilmu, jadi tidak hanya khusus pada satu bidang ilmu tertentu.

#INSTITUT

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Di institute hanya terdapat satu bidang ilmu yang khusus, missal di ITB, konsentrasinya hanya ilmu teknologi atau teknik saja, makanya, di ITB tidak ada jurusan kelompok IPS. Begitu juga di IPB, khusus hanya pertanian saja, di Institut Seni Indonesia, juga hanya terfokus pada bidang seni saja. Institute juga ada loh yang berubah menjadi universitas, jika institute tersebut membuka jurusan di luar disiplin ilmunya, contoh, UNY, dulu pernah bernama IKIP Negeri, tetapi setelah dibuka jurusan selain pendidikan, akhirnya menjadi universitas. Begitu juga UIN, dulu bernama IAIN, akhirnya berubah menjadi UIN setelah dibuka berbagai macam jurusan selain agama Islam.

#AKADEMI

Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.

Apa arti pendidikan vokasi?pendidikan vokasi adalah pendidikan diploma. Jadi di akademi hanya menyelenggarakan pendidikan diploma saja dan hanya melingkupi satu jenis disiplin ilmu, semisal Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan, Akademi Militer, dll

#POLITEKNIK

Politeknik atau sering disamakan dengan institut teknologi adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan. Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional, yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis. Istilah tersebut juga dapat merujuk pada sekolah pendidikan menengah yang berfokus pada pelatihan vokasional. Nah ini agak sama dengan akademi, hanya menyelenggarakan program diploma, namun jurusan yang ditawarkan banyak selama masih terkait pada bidang ilmu yang ditekankan. Misalnya ada Poltekkes atau politeknik khusus kesehatan, nah itu jurusannya banyak, ada bidan, perawat, analis, rekam medis, dsb, namun hanya program diploma saja. Jadi kalau mau masuk sarjana, di poltekkes tidak ada ^^.

#SEKOLAH TINGGI

Sekolah tinggi dalam pendidikan di Indonesia adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Yang ini hampir sama dengan institute, menyelenggarakan sarjana atau vokasi dalam satu disiplin ilmu, bedanya apa ya??hmm kalau institute, kebanyakan milik pemerintah, jadi statusnya negeri, kalau sekolah tinggi, kebanyakan swasta yang menyelenggarakan. Contohnya ada STIKES, STIPARI, STIPSI dll. Eh ada juga sekolah tinggi yang dikelola pemerintah, jadi statusnya negeri, missal ada STAN dan STIS.

Gimana, oh gimana gimana brainstorming aja yak ^^,banyak banget jenisnya gak kayak sekolah menengah atas, diurutkan pakai nomor, ada SMA 1, SMA 2, 3, 4…mpe ribuan dst hehe, ckckckckck..jadi bingung…… gak usah bingung, bukannya kita sudah penjurusan di SMA? Ada IPA dan IPS, ada Bahasa??jadi, pastilah sejak penjurusan, kita sudah bercita cita untuk memilih jurusan apa, dan kuliah di perguruan tinggi jenis apa. Tapi juga tidak menutup kemungkinan terjadinya kasus mahasiswa masuk lintas jurusan, hehehe, ini sih sudah banyak banget😛, maksudnya, jurusan IPA, tapi kuliah di kelompok IPS.  TETAPI SEKALI LAGI MINAT. Karena mata pelajaran yang kita pakai di SMA itu juga dipakai di jurusan yang kita masuki. Semisal kita jurusannya IPA, kan banyak MAFIA nya tu, jadi mata kuliahnya pastilah ada MAFIA nya juga, tes masuknya juga pakai pelajaran MAFIA, iya lah. Sedangkan, kalau jurusannya IPS, kita kuliahnya dijamin DEH gak ketemu dengan fisika ma kimia, kecuali matematika di ilmu statistic, karena ststistik itu dipakai di semua jurusan untuk skripsi atau tugas akhir nanti.

Satu lagi,,,hmmm ini nih, kalau mau kuliah, lihat dulu, gimana ya silabus mata kuliah atau kalau di SMA namanya mata pelajaran gitu, jadi kita bisa tahu, ohh kalau di jurusan itu, gini to makulnya, gimana carinya?tanya aja om google, atau mungkin teman atau saudara yang kebetulan kuliah di jurusan tersebut. Jadi ya, kita bisa tahu deh,  kalau gak mau ama MAFIA lagi, mending gak kuliah di jurusan yang ada MAFIA nya lagi, agar kuliah kita enjoy, jadi bisa maksimal. Kemudian juga masalah skripsi, kalau kita sudah berminat sama jurusan yang bener bener kita masuki, insya Allah skripsi juga lebih mudah, karena skripsi itu sebagai syarat untuk lulus sarjana, atau tugas akhir untuk program diploma. Penting juga loh, memikirkan skripsi, sebelum masuk di suatu jurusan, apalagi kalau kuliah di jurusan bahasa asing, semisal bahasa atau sastra Inggris, Jepang, Korea, Perancis dll, wuah isi skripsinya kita ngubek ngubek bahasa dan sastra asing. Intinya kuliah itu mendalami suatu ilmu secara spesifik, untuk diterapkan di dunia kerja dan kehidupan sehari hari, kenapa?karena kuliah itu intinya mencari ilmu, dan sebenarnya, pekerjaan apapun nanti, jika tidak sesuai jurusan, tidak perlu kita sesali. nah loh, kuliahnya rugi??ya gak donk, kan udah dapat ilmu, niatnya ibadah untuk diterapkan di kehidupan sehari hari, walaupun bukan di dunia kerja.^^.

Jika di awalnya sudah tidak enjoy sama kuliahnya, bisa dipastikan ke depannya bakal tidak lancar, namun tergantung orangnya juga temen temen, jika tetep semangat dan punya prinsip, “bisa bergaul sama semua jurusan dan PT apapun” hehe insya Allah semua lancar dan dimudahkan. Makanya tidak heran, jika banyak mahasiswa yang seringkali kedapatan pindah jurusan dan sebagainya, itu karena faktor ilmu yang ditekankan di perkuliahan itu lebih spesifik, berbeda dengan sekolah menengah karena masih umum. Bahkan, mungkin saking cintanya sama ilmu yang ditekuninya selama S1, dia bakal semangat sampai S3 di ilmu yang sama, nah loh, ini nih yang bagus, jadi ilmunya bisa dikembangkan dan ditularkan ke masyarakat, dan hal itu bisa menjadi suatu amalan jariyah…iya kan ^^ amiiin…, kemudian faktor biaya juga, ya kalau bisa yang negeri yang bener bener murah, karena ada juga PTN yang malah lebih mahal daripada swasta, tapi ya pastilah semua lebih bangga jika kuliah di PTN, iya kan ^^, hal itu gak masalah, karena bakal ada banyak beasiswa di PTN. Tapi di swasta juga banyak kok ^^.

Yang tidak kalah penting juga, akreditasinya suatu jurusan, bukan akreditasi Perguruan Tinggi loh, karena setiap PT itu punya keunggulan prodi masing masing, maka carilah prodi yang punya akreditasi minimal B ^^, meski jika sudah ada di jurusan yang masih C, jika belum terlanjur lulus, bisa disiasati, mencari info, kira kira kapan jurusannya naik akreditasi, karena bisa diusulkan kepada BAN akreditasi, jadi walau agak molor lulus, kita sudah tercatat sebagai wisuda yang lulus di prodi yang sudah terakreditasi lebih baik ^^.

hmmm prospek pekerjaan dipertimbangkan gak ya, karena sering terjadi kebimbangan sebelum masuk di suatu jurusan, wuah, jurusan X tu prospektif banget, peluang PNS banyak, peluang di perusahaan gedhe banyak, pokoknya masa depan terjamin deh, TAPI…..kok kuliahnya sulit yuaa….buanyak hitungan, sementara tidak suka hitungan, wah…PKL, laporan dan segala macem atau wuah sebenere jurusan Y itu bagus banget buat aku, aku banget gitu….enak kuliahnya…tapi…..prospeknya gimanaaaa yuaaaaa????mikir lagii…

hmm…kalau sudah gini, niat sudah melenceng donk, kan niatnya nyari ilmu yang bener bener kita minati, jadi ke depannya bisa maksimal dan gak setengah setengah, rejeki kan sudah diatur sama Allah, banyak juga sekarang perusahaan besar yang mensyaratkan pelamarnya dari jurusan apapun, tidak harus sesuai jurusan ^^, jadi PD ja ^^.

Setelah mengenal macam macam PT, ada baiknya kita mengenal program program di PT, seperti strata 1, strata 2, strata 3, dan program diploma 1 sampai 4, juga program profesi, karena mungkin ada yang belum paham perbedaan strata dan diploma^^.

Wah, mau masuk yang mana nih?sarjana atau diploma ya??ah diploma aja deh yang cepet 3 tahun, biar bisa langsung kerja. Atau ah sarjana aja deh, biar peluang beasiswa sampai S3 ada, kan niatnya pengen mendalami suatu ilmu, Itu gak masalah, tergantung niatnya, jika pengen langsung kerja alias praktisi masuklah diploma, jika mau sekolah lagi sampai S3 dan menjadi akademisi dsb, masuklah sarjana ^^

#sarjana/strata

Sarjana (dari bahasa Sanskerta, dalam bahasa Inggris: Undergraduate) adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan sarjana (S-1). Untuk mendapatkan gelar sarjana. Secara normatif dibutuhkan waktu selama 4 (empat) sampai 6 (enam) tahun, tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam 3,5 (tiga setengah) tahun ataupun lebih dari 6 (enam) tahun. Hal tersebut tergantung dari kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperolah gelar sarjana dinamakan dengan skripsi. sementara untuk strata 2 diwajibkan membuat tesis, dan disertasi untuk strata 3.

#diploma

Program diploma adalah program vokasi atau kejuruan, jadi kuliahnya lebih banyak praktikum daripada teori, inilah bedanya dengan program sarjana. Jadi kalau disetarakan dengan sekolah menengah, program sarjana itu SMA, sedangkan Program diploma adalah SMK, karena kurikulumnya berbeda. Program diploma dibagi menjadi diploma 1 sampai diploma 4, dengan lama pendidikan tergantung dari program diploma yang diambil, misalnya diploma 1, jadi kuliahnya Cuma setahun, begitu juga diploma 2 kuliahnya 2 tahun, diploma 3, kuliahnya 3 tahun. Syarat untuk lulus, harus membuat karya tulis ilmiah, seperti skripsi, atau biasa disebut tugas akhir.

“Loh kalau begitu, apakah dari diploma bisa ke sarjana, bisa donk, tergantung PT, ada yang membuka program alih jalur atau ekstensi, missal dari D3 bahasa inggris masuk S1 Pend. Bahasa Inggris, jadi tinggal meneruskan SKS sampai sarjana. Namun ada juga yang lebih menerima jalur diploma 4, setara strata 1, tapi nanti gelarnya menjadi khusus sarjana sains terapan (S.SIT), semisal D3 bidan, masuk D4 bidan, menjadi Sarjana Sains Terapan.”

#PROFESI/KOASS

Profesi itu macam macam loh, ada dokter, dokter gigi, dokter hewan, apoteker, nurse/perawat, psikolog, akuntan, advokat, guru, dll. Nah program profesi, adalah program khusus, bagi lulusan strata 1, agar menjadi seorang yang professional di bidangnya, selanjutnya di dunia kerja, ada organisasi profesi yang menaunginya, missal adanya Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, dll, sayangnya gak ada Ikatan Anak SMA Indonesia😛😛.  Pendidikan profesi itu, digunakan untuk pekerjaan yang akan digelutinya kelak. misal, program profesi dokter atau koass. Yang bisa masuk di koass dokter, tentu saja orang yang sudah lulus sarjana kedokteran,  masuk koass dulu, kemudian lulus baru bisa disebut dokter, begitu juga dengan dokter gigi, dokter hewan, apoteker, nurse dll. Meski ada juga yang tidak masuk ke program profesi, tetapi sudah bisa bekerja. Program profesi itu kayak apa??intinya 80% atau 100% kuliahnya itu magang di perusahaan terkait, jadi tidak di kampus. Nah apa saja jurusan yang membutuhkan program profesi?biar, temen temen tidak kaget, karena harus kuliah 2 kali ^^

  1. Kedokteran umum
  2. Kedokteran hewan
  3. Kedokteran gigi
  4. Farmasi
  5. Keperawatan
  6. Psikologi
  7. Akuntansi
  8. Hukum
  9. Pendidikan/keguruan (kalau ini sudah sekalian di pendidikan ^^, tidak harus kuliah lagi )

Namun tidak semua wajib diambil, karena ada juga jurusan yang tidak harus diambil program profesinya, semisal psikologi, akuntansi, atau hukum. Ketiga jurusan tersebut, walaupun tidak harus mengambil profesi, sudah bisa bekerja ^^.

Selain itu, program sarjana di Indonesia mensyaratkan adanya Kuliah Kerja Nyata untuk semua jurusan, meski ada juga beberapa PT yang mengganti KKN dengan magang di perusahaan tertentu. KKN??ini yang ditunggu…:P😛.hmmm…nginep di desa desa (ada juga KKN, yang gak perlu nginep) membuat berbagai macam kegiatan selama sebulan mpe 2 bulan iya capek..juga….ya, pengabdian ke masyarakat ^^

***

Nina Zein :”Tapi…kita juga bisa berpeluang mendapatkan beasiswa ke luar negeri, Em, kalau mau!, aku juga kalau dapat, bakal ngambil beasiswa kuliah ke luar negeri, hehe, kan asyik tuh, kuliah gratis ke luar negeri ^^”

Ema :” masa sih, bisa gratis semua?”

Nina :” iya, kan ada beasiswa full dan sebagian??, jadi kalau full, biaya hidup dan pendidikan ditanggung ama peyelenggara beasiswa, kalau sebagian, ya sebagian bayar ndiri hehehe…Kalau beasiswa dalam negeri??ada juga lah, banyak, bisa nyari di internet, kantor kedutaan, sekolah, kampus kampus dll, makanya, gak ada alasan gak lanjut kuliah, insya Allah ada jalan,  bahkan ada juga kampus yang menawarkan beasiswa doble degree, kuliah 2 jurusan di satu kampus, atau antar kampus ^^, jadi bisa dapat dobel ilmu ^^””

Ema :…hmmmm….Alhamdulillah….

Nina : “awas Em!!!, ada motor lewat!!!”

Brmmmmmmm……………gubrak……!!!>>..#@@%$#&**&%$$$$#*%$#

Ema : “tuing tuing…kok pusing yahhhh……motor di jalan kok malah masuk gerbang sekolah???”””………..

PERMAINAN TRADISIONAL DAN LAGU ANAK ANAK YANG HAMPIR PUNAH

“dhek Asri, nggowo karet ora?”, Tanya teman saya dengan bahasa jawa ngokonya. “nggowo, ayo jolad jolid!!”, jawabku seraya mengajak teman teman untuk keluar kelas dan bermain lompat tali sembari menunggu bel tanda masuk berbunyi. Begitulah suasana halaman sekolah dasar terutama di desa desa pada era tahun 1990an. Anak anak dari kelas 1 sampai kelas 6 SD asyik bermain mainan tradisional. Permainan yang dimainkan biasanya mempunyai “musim”. Misalnya ada musim lompat tali, musim benthik, musim cok cik, dan musim musim permainan lainnya. Artinya, ketika musim permainan tertentu, bisa dipastikan itulah permainan yang sebagian besar dimainkan oleh teman teman saya di SD, begitu juga di SD lain terutama di kampung.

Meski saya jarang memainkan permainan lompat tali yang biasa dimainkan anak perempuan, karena terlalu ribet peraturannya, pake “dong dongan” gitu, ada dhong siji, dhong loro, dhong telu, dst, dan setiap “dhong” itu, berbeda beda loncatnya, ada yang jongkok, berdiri, methenteng, dll, apalagi kalau di tengah permainan, diganggu sama anak laki laki, makanya saya kurang begitu suka permainan yang terlalu banyak aturan seperti lompat tali, yeye, dan kasti. Karena apa?akan menimbulkan perpecahan atau kemarahan ala anak anak di masa itu jika diketahui salah seorang anak melakukan kecurangan atau kesalahan hahahaha, sebenernya sih biasa J. Saya pribadi lebih menyukai permainan yang peraturannya sederhana, seperti patung patungan atau oeaeo stop bahasa planetnya (kejar kejaran sambil berusaha memegang badan anak yang dikejar, jika terpegang, maka jadi patung hahahaha), ingkling, egrang (INI, KARENA KEPINGIN 3 KAKAK SEPUPU SAYA YANG SEMUANYA LAKI LAKI), perang perangan ala Ksatria Baja Hitam, mobil mobilan, pasaran, ular naga, picekan (PERMAINAN MENEBAK WAJAH DENGAN MERABA _RED) cok cik, bekelan, bas basan, pethak umpet, gobag sodhor, benthik (permainan menggunakan 2 batang kayu panjang dan pendek), layangan, dll. Terutama cok cik, permainan yang menggunakan lima koin uang kemudian dilempartangkap dengan punggung tangan, saya sempat menjadi “raja” nya hehe. Sementara kasti??berbanding terbalik…saya lebih suka “menchok” deh, khawatir di “embat” oleh regu penjaga, karena larinya kurang kenceng, akibatnya regu saya selalu kalah deh😛,  Itu waktu SD, kalau SMP, saya sudah lumayan kastinya, lumayan bisa lari cepet😛,  Kalau perang perangan, sepertinya bukan permainan tradisional ya.

ular naga panjangnya…..

bukan kepalang…..

menjalar jalar selalu kian kemari….

umpan yang lezat, itulah yang dicari….

ini dianya yang terbelakang….

hap!!!===========================>>diculik…….bisik bisik….milih jeruk apa apel???milih jeruk rasa apel :D…garing😛😛

sayangnya….beberapa kali ketika berangkat kuliah selalu lewat bangunan SD saya yang sekarang pindah ke gedung baru akibat gempa, jarang yang memainkan ularnaga tradisional itu, kecuali ular naga via game HP, hapenya pun blackberry,fiuhh…..hmm kemajuan zaman, ketika dulu, hape dianggap barang yang luar biasa, sekarang sangat biasa, ketika dulu, belajar kelompok dan bermain di sawah seraya makan tebu yang sudah “rembang” atau panen adalah suatu keharusan, sekarang belajar aja deh via cyber, chattingan, fban, selesai….ketika hape belum memasyarakat, banyak teman yang sekedar tanya PR rela bersepeda jauh jauh ke tempat temannya, inilah silaturahimnya.

apakah sosialisasi terhadap teman menjadi tergerus pada zaman ini?sehingga, silaturahim menjadi disepelekan??. padahal salah satu manfaat permainan tradisional di kalangan anak anak adalah membangun jiwa sosial mereka.

NAH FAKTA YANG TERJADI SEKARANG ADALAH!!

“SEJUMLAH permainan tradisional yang menjadi permainan anak-anak seperti gobak sodor, egrang, patil lele, kelereng, cublek-cublek suweng, bekel, dan lain sebagainya, kini terancam punah. Pasalnya, permaian tersebut kini kian sulit ditemui, baik di wilayah kota maupun kabupaten.

Koordinator LSM Gerbang Mataram, Bambang Purnama menyampaikan keprihatinannya soal permainan tradisional yang tidak lagi menjadi salah satu permainan anak-anak sekarang. Bahkan, keberadaannya pun terancam punah, tergerus oleh permainan yang serba modern.  “Permainan tradisonal di kota ini tak lagi bisa ditemukan di desa atau perkampungan terpencil sekalipun. Padahal Kabupaten Tegal sebagian besar wilayahnya adalah wilayah pedesaan,” kata Bambang Purnama selaku salah satu pemerhati dan penggiat budaya lokal.”

Trenyuh deh, setelah masuk era tahun 2000an. Bisa jadi, generasi yang akan datang (baca : anak cucu kita), hanya bisa mendengar cerita cerita orangtuanya terkait berbagai macam permainan tradisional yang tidak bisa dimainkannya lagi karena sudah tergerus oleh berbagai macam permainan modern >__

APA YANG AKAN KITA PIKIRKAN, JIKA TERNYATA???

JAKARTA, KOMPAS.com–Anak-anak Indonesia kini lebih mengenal permainan berbasis teknologi informasi seperti games dan sebagainya, padahal di setiap daerah memiliki kekayaan permainan tradisional luar biasa yang harus diselamatkan.

Kesadaran inilah yang membawa jajaran pengurus CISV Indonesia sebagai bagian dari organisasi yang berkiprah dalam pemahaman budaya antarbangsa menggelar acara tahunan dengan tema “Lets go Out and Play” di Jakarta, Minggu.

“Lets go Out and play tahun 2012 ini dilakukan dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di pusat-pusat kota dan salah satunya telah kita selenggarakan di Sekolah Kanisius, Menteng Jakarta Pusat. Faktanya, ratusan anak-anak dan remaja sangat antusias belajar dan memainkan aneka jenis permainan tradisional,” ujar Dharmesti.

Wah kita gak boleh kalah donk dengan “mereka”??. Ironis kan, kalau …….

Disebutkan dalam hadits Muslim, diriwayatkan oleh Anas (RA), suatu hari si kecil Muhammad (SAW) sedang bermain bersama anak-anak sebayanya. Malaikat Jibril (AS) datang, membelah dada Muhammad (SAW) dan mengeluarkan hatinya.

Kira kira, Rasulullah di zaman 570an M tuh bermain apa sama anak anak sebayanya??apa iya bermain video game?play station?facebook? Astagfirullah…..Rasulullah ketika kecil, sudah menggembala kambing. Memang tidak disebutkan di sirah, permainan apa yang dilakukan Rasulullah ketika kecil, tetapi dapat kita simpulkan, bahwa Rasulullah bermain permainan tradisional kala itu. ^__^.

seiring kemunculan permainan modern, dimulai dari video game, berlanjut ke play station waktu itu, akhirnya permainan tradisional sedikit sedikit mulai banyak ditinggalkan.

Hingga berlanjutlah ke zaman sekarang, di kampung kampung terpencilpun, sudah menjamur warnet dan towe tower untuk sinyal HP, akibatnya apa??bayi baru lahir saja sudah dikenalkan internet, facebook, computer, dan video game.

Apa yang bisa kita lakukan??apalagi ditambah dengan lagu lagu anak anak zaman sekarang yang tidak sesuai dengan “umur”. Oke, saya masih sangat ingat, ketika dulu, ayah saya selalu membelikan kaset kaset lagu anak anak trio kwek kwek, Enno Lerian, si Komo, maissy. Sesuai umur kan?sementara sekarang??sepertinya sudah tidak ada lagi penyanyi penyanyi cilik yang nongkrong di tipi, artis artis yang saya sebutkan tadi sudah pada gedhe, (iyalah masak kecil terus >__, akibatnya apa??anak anak zaman sekarang dalam hal sikap dan pergaulan sudah “lebih gedhe” daripada umur sebenarnya.

Untuk itu, wajiblah bagi kita untuk melestarikan permainan tradisional dan lagu anak anak zaman dulu, untuk generasi ke depan, dengan apa??.

  • Yap di Nganjuk, Jawa Timur, sudah dimulai dengan menggelar festival permainan tradisional
  • olimpiade olahraga tradisional seperti di Unpad,
  • mempromosikan permainan tradisional atau lagu lagu anak kepada anak atau saudara saudara kita yang masih kecil. ^__^, jadi gak salah jika mempelajari lagi permainan tradisional untuk diajarkan kepada anak anak, sekalian untuk refreshing.
  •  Mengadakan lomba seni budaya dengan menyertakan permainan tradisional.
  • Bagi daerah sebagai tempat wisatawan, dapat digunakan untuk menyambut para wisata.
  • Mengajarkan permainan tradisional di pendidikan sekolah

SEMOGA BERMANFAAT BAGI GENERASI PENERUS ISLAM DAN INDONESIA!!!^__^MAIN