MANUSIA MILENIUM 3 (“3rd millenium man” => “moslem 3rd millenium”)

sadar tidak sadar, kita berada pada era milenium. Tepatnya milenium 3 gan!. Nah lhoo!!. apa itu milenium??apakah sejenis mineral?kalsium, ferum, kalium?heh ngaco!!, bukan!!. milenium adalah masa 1000an tahun. Contoh tahun 1-1000 disebut milenium 1, tahun 1001-2000 disebut milenium 2, tahun 2001-3000 adalah milenium 3!.

 

jadi, sudah jelas, kita berada di era milenium 3 terhitung sejak 2001 lalu. Sebenernya, tulisan ini, saya bikin iseng karena gak sengaja menemukan sebuah majalah di era milenium 2 lalu. Tepatnya tahun 1999, yup pas CDS lahir hehe, saat saya berusia pas 9 tahun. Yak, majalah kesayangan saya “BOBO”,

hehe #jadi malu#, sekarang udah mahal banget tuh majalah >__

 

oke, kembali ke topik, judul asli artikel yang saya baca itu adalah “Anak Milenium 3”, untuk dulu agan agan yang mungkin masih kecil imut imut. Sekarang kan sudah berumur belasan tahun atau duapuluhan?iya kan?atau masih ada yang tetep umurnya??ya gak lah!. Jadi izinkan saya meng edit judul di atas menjadi “Manusia Milenium 3” atau “3rd millenium man”. Kita jadi teringat serial Panji Manusia Milenium saat jadul dulu, wakakakakaka.

 

Pertanyaannya??apakah kita mau menjadi Manusia Milenium 3 yang baik?saya khawatir, kalau temen temen membayangkan bakal seperti Panji di serial tersebut, lalu memakai pakaian serba silver dan berharap bisa terbang. Jangan ya!, ntar pesawat gak laku, dan jalan jalan di bumi sepi, karena lalu lintas dipindahkan ke udara, #imajiner#.

Btw, trus gimana jadi manusia milenium yang keren itu??. sabar sabar. Sebelumnya sodara sodara, halah, kita harus bersyukur dulu kepada Allah SWT, yang telah menciptakan bumi dan segala isinya, juga waktu, di surat Al Asr. Okey, ya iyalah, karena kehendakNya, kita ada di milenium 3, bahkan lintas milenium lagi. Pan dari milenium 2 trus mendarat ke milenium 3, hehe. Alhamdulillah gan ^__^.

  1. terbuka dan demokratis

di artikel tersebut, diprediksikan kalo orang orang di milenium 3 nanti, akan terbiasa menyerap ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Dari orang tua, satelit, televisi, temen, dll.. kita harus terbuka menerima pendapat orng lain, jangan sok menang sendiri, menghargai pendapat orang lain, kalau ad perbedaan pendapat ya berdebat!. Hmm jangan lupa, perdebatan sehat adalah salah satu ciri demokrasi.. okey, sekarang coba deh, klopkan dengan ayat di bawah ini< (waduh, dikit dikit ayat, ya kan qur’an petunjuk kita gan^^).

 

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS Ali Imran : 159)

Allah SWT menjelaskan bahwa setiap manusia hidup di dunia tidak terlepas dari problem dan persoalan yang dihadapi. Untuk itu mereka harus dapat memecahkan masalah tersebut. Adapun cara menyelesaikan persoalan hidup dalam surat Ali Imran ayat 159 dijelaskan, harus dengan mencontoh dan mengambil teladan dari nabi Muhammad SAW yaitu dengan cara lemah lembut berdasarkan rahmat Allah SWT, setiap persoalan diselesaikan dengan jalan musyawarah.

Kalau kita mempunyai persoalan, sedang kita sudah memecahkannya dengan cara bermusyawarah yang kita kehendaki maka kita serahkan saja kepada Allah SWT apa hasil yang akan dicapai nanti. Karena sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang bertakwa dan berserah diri kepadanya.

 

Rasulullah telah memberikan contoh tentang musyawarah. Menjelang perang Uhud terjadi perbedaan pendapat antara beliau dengan sejumlah sahabat. Nabi SAW berpendapat sebaiknya orang Islam bertahan di dalam kota, tetapi sebagian sahabat beliau agar musuh dihadapai di luar kota. Nabi akhirnya menerima usul mereka walaupun dengan berat hati. Setelah terbukti kalah dalam perang itu, Nabi tetap bersikap lemah lembut kepada mereka.

Sip kan??yup musyawarah sangat diperlukan dalam memcahkan masalah. Al Qur’an aja yang turun di milenium sebelum milenium 3, udah menjabarkan semuanya gan !!

 

2.kreatif

kita lihat sekarang, anak SD aja udah ada yang bikin robot tuh, robot, robot, yang dulu mungkin hanya bisa kita lihat di televisi. Apalagi kalau bukan dari negarnya doraemon tuh!!. sekarang anak Indonesia aja udah ada yang pernah bereksperimen bikin robot, tentunya belum secanggih Jepang lah. So, kita harus kreatif kan??masa kalah sama anak TK SD??. Tapi, yang perlu kita inget nihh, kita adalah muslim, dan seorang muslim, so,,,,

 

kreativitas seorang muslim harus diarahkan untuk mengekspresikan kebenaran absolut yang diyakininya, dan untuk menambah keimanan… , caranya gimana??Sebagai muslim, kita diharuskan untuk dekat dengan ‘sisi kreatif’ berdasarkan spiritualitas kita. Kreativitas dikembangkan melalui ibadah kita; shalat, shaum, bersedekah, berdoa, mentadaburi tanda-tanda kekuasaan Allah dan makna-makna di dalam Al-Qur’an. Tatkala kita bisa menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah yang menakjubkan di alam semesta dan di dalam diri kita, maka kita dapat bergerak menuju kreativitas. Kita akan memecahkan ketakutan dan menguatkan kepercayaan diri kita. Selanjutnya adalah mencari jalan untuk mengekspresikan semua hal itu. Banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi kreativitas.

 

Kreativitas orang lain bisa menjadi inspirasi buat kita. Dan yang terpenting lagi, Allah menjadi inspirasi tertinggi kita. Dialah yang telah memberi kita pemahaman dan kemampuan kepada kita untuk mengekspresikan diri kita. Sebagai manusia, kita merupakan bagian dari kreativitas Allah. Maka kita pun diharuskan untuk kreatif dan berwawasan tinggi. Banyak orang yang berharap agar mereka bisa lebih kreatif, namun tidak dapat melangkah menuju kreativitas tersebut. Betapa seringnya kita memiliki ide-ide unik dan mimpi-mimpi indah, namun tidak memiliki cara untuk mengaktualisasikan semua itu.

 

remaja dan pemuda Muslim harus mengarahkan kreativitasnya dalam hal-hal yang mendatangkan pahala dan keridhaan Allah… ^__^. setiap manusia, pasti punya potensi atau bakat yang Allah titipkan, untuk apa?tak lain sebagai bekal kita agar lebih mudah menjalankan tugas kita sebagai khalifah. Ada yang punya bakat menyanyi, bisa disalurkan untuk nasyid, desain, untuk membuat pamflet, gambar gambar islami, menulis, dll. Wah pasti sangat asyik, kalau kita punya kelebihan, dan kelebihan itu menghasilkan kreativitas yang dengannya bisa bermanfaat bagi islam^__^ iya kan??hehe, so asah kreativitasmu..

 

3.tahan banting

ciri manusia milenium 3 adalah TAHAN BANTING!!! seperti Ade Rai, dengan otot besinya, dibanting 1000 kali gak remuk, iya kalau ototnya beneran besi, tapi ini otot empuk je..hehe. Maksudnya gini, kita kagak boleh banget putus asa. Sebab orang pinter akan semakin banyak. Persaingan juga semakin ketat. Terbukti kan sekarang?nilai standar kelulusan UNAS saja udah naik banget tuh, bahkan SMP udah 6, kayak adek saya nih, bingung, puyeng mikirnya hehe. Itupun kita masih kalah ma Malaysia yang rata rata kelulusan udah 7. ya, zaman emang semakin berkembang, dan kita gak boleh putus asa dengan perkembangan zaman #lhooo??#, justru kita harus bersyukur, banyak orang yang pinter, seiring pula, mindset mereka tentang Islam semakin terbuka. Kan kita diharusin memahami semua ini dengan akal pikiran, baru deh ketemu iman iya gak?^__^. Namun, ternyata Islam sangat membenci PUTUS ASA!, rahmat Allah itu luas banget, Dia akan menerima hambaNya yang mau berserah diri. Jadi, putus pacar? Lho?, rangking turun?jangan minder..serahkan semuanya sama Allah

 

4.cinta damai

semua orang ingin hidup dalam kedamaian dan rasa cinta. Itu emang sudah fitrah, gak ada lah, orang yang pengen ributttt terus. Sama temen ribut, sama suami istri ribut, mertua, ortu dan lain lain yang mau diajak ribut >__ 

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu. (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas” (QS. Al-Baqarah 2:190). . y

yup lah, kita gak akan perang, kalau gak diserang duluan. Allah gak suka nglihat kita orang Islam perang duluan, atau marah duluan. Lihatlah saudara kita di Palestina sana?sebenernya siapa sih yang salah??kan tanah Palestina, kok Israel mau minta??mintanya dengan kejam lagi. Saya tidak perlu menceritakan secara detil yang sebenernya terjadi di sana, saya yakin, temen temen sudah paham akan hal ini, jadi, jika kita tidak mempunyai rasa belas kasihan kepada saudara kita di sana, hmmm mungkin perlu direparasi lagi hati kita, karena apa??muslim itu bagaikan satu tubuh, jika salah satu sakit, harusnya yang lain ikut merasakan sakit ^__^.

 

5. jago teknologi informasi

internet dan teknologi akan menguasai milenium 3!. mengirim sesuatu dari satu benua ke benua lain cukup dengan memencet tpmbol. Untuk chat, bisa langsung melihat langsung di layar dan bla bla bla. Kita tidak perlu sekaget ini, karena kita sekarang sudah terbiasa menggunakannya, bener tidak?bahkan agan agan membaca note ini pun, saya yakin dengan ainul yaqin, dengan bantuan FB, nah lhooo??^__^. Kita sangat berterima kasih dengan kemajuan IT tersebut, karena itu merupakan suatu kenikmatan. Tapi di samping itu, kita juga harus menggunakannya seefektif mungkin, agar bermanfaat. Sebenernya saya berat menuliskannya, karena saya juga belum bisa efektif hehe. Namun, jika kita berusaha menasehati orang lain, maka yang pertama mendengar adalah telinga kita,   jadi jadi malu lah hehe. Jadi kita belajar bersama ya.

 

6. bahasa inggris oke!!

sebenarnya bukan hanya bahasa Inggris saja, bahasa bahasa yang lain misalnya, Jepang, Arab, Cina, Spanish, dll perlu kita kuasai. Tapi sebagai remaja Islam, sepertinya tambah qualified bila kita menguasai bahasa arab terutama. Kan kalau kita mendengar Al Qur’an atau hadist, kita bisa langsung paham artinya hehe. Bahasa Inggris, ketinggalan sekali, kalau belum bisa, termasuk yang nulis ini #open disgrace# . Saat ini, bahasa Inggrislah yang sudah menjadi bahasa Internasional, jadi mau tak mau, kalau kita ingin menjadi manusia M3, ya minimal tahu lah dikit dikit kedua bahasa tersebut.

 

7.cinta alam

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan-tangan manusia, supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum [30]: 41).

tsunami aceh 2004, gempa Yogya 2006, lumpur lapindo, longsor, banjir dll. Cukuplah menjadi sentilan kepada kita, manusia yang sering lalai menjaga alam. Banyak ahli juga memprediksikan, bahwa bumi di M3 akan semakin “rusak”, bukan menakut nakuti lho. Itu sebabnya orang orang yang peduli dengan lingkungan akan semakin banyak. Kasihan nanti generasi penerus di bumi, kalau buminya di sana sini rusak, ntar lama lama gak ada sungai deh, coz menguap kena pemanasan global, jangan ya!!. sebagai khalifah, kita juga harus merawat bumi juga, bisa dimulai dari pekarangan rumah sendiri mungkin, kan sejuk tu, jika ada kebun Negeri Dongeng di rumah kita hehe. Go green Untuk Bumi ^__^

 

8.tetap rileks

judul aslinya itu “tetep bermain”, cuma saya yakin, kalo temen temen yang baca udah gak jamanya lagi main mobil mobilan atau boneka, jadi diganti ‘rileks’ aja ya!. Khusus nih bagi temen temen yang super sibuk sibuk gitu, kayak temen temen kura kura, kuliah rapat, kuliah rapat. Amanah banyak, super aktivis berat. Rapat apa?macem macem, ada di Rohis, di DS, DK, dll. Hehehehe, meski, kita punya tanggung jawab yang ‘lebih’ nih, tapi jangan ‘spaneng’ deh ya, muka ditekuk abis, kayak lipatan baju. Longgarkan wajah, hah??dengan tetep senyum, bikin nyante, tapi tetep serius. Sesekali adalah saatnya kita rileks dengan banyak becanda dan berolahraga, Bahkan Rasulullah pun suka bercanda.Gimana ya??ya semoga kita gak perlu mikir dulu ya kalo becanda, takut kalau gak bener ^__^.

 

Anas ra. Meriwayatkan bahwa

pernah ada seorang laki-laki meminta kepada Rasulullah agar membawanya

di atas kendaraan. Kemudian Rasulullah berkata: “Aku akan membawamu di

atas anak unta”. Orang tadi bingung karena ia hanya melihat seekor

unta dewasa, bukan anak unta. Kemudian Rasulullah berkata: “Bukankan

yang melahirkan anak unta itu anak unta juga?” (HR.Abu Dawud dan

Tirmidzi dengan sanad yang shahih). Wkakakaka, bisa aja deh ya Rasul kita tercinta, walau beliau seorang Rasul, tapi tetep tidak terlepas dari humor,. Tapi ingat, Rasul pun becandanya beda, Dari Abu Hurairah ia berkata, “Ya Rasulullah, sungguh engkau sering

bergurau dengan kami”. Kemudian Rasulullah berkata “Tapi, sungguh aku

tidak mengatakan kecuali kebenaran”. (HR Tirmidzi, Hadist hasan). maka bercanda pun ada adabnya.

 

 

wuaaahhhh, beratttt ya…. jadi manusia M3, tapi klo dipikir pikir itu ada ya di Islam, so,,, ijinkan saya lagi mengubah judul di atas menjadi “moslem 3rd millenium”. Bagaimana kalau kita sebagai manusia milenium berkpribadian islam lengkap,??? terutama para remaja seusia kita, di mana masa depan agama dan bangsa ada di tangan kita. Jadi, tak lain tak bukan, Islam is a solution??karena semuanya lengkap ada di Islam. Kita tinggal buka Qur’an, insya Allah semuanya lengkap, kalau masih bingung, mohon sama Allah apa permasalahan kita, insya Allah semuanya beres, karena kita sudah punya pegangan ^__^.

semoga, ini adalah tulisan dari ‘ADVOINFO’ CDS yang bisa membuat temen temen terinspirasi dan termotivasi Soalnya biasanya hanya copas hehehe. Maaf jika tulisannya terlalu panjang, karena saya menulis apa adanya, dan memang kalo diklopkan dengan permasalahan yang terjadi sekarang memang tidak jauh berbeda, bahkan SAMA. Subhanallah, dan semuanya sudah disampaikan oleh Rasul kita berabad abad yang lampau. Tinggal kita bagaimana bisa menyesuaikan diri dengan permasalahan yang terjadi sekarang. Karena sekali lagi islam sesuai dengan perkembangan zaman ^__^. ini juga sebgai muhasabah pribadi bagi diri sendiri, betapa sampai hari ini pun, masih belum bisa mempertahankan keistiqomahan. #lagi belajar nulis inspiratif motivaTIF# maaf ya kalo banyak kekurangan😛😛

*****

 

Kehidupan :(RAIHAN)     

 

 

Kehidupan yang kau lalui

Tiada berarti namun kau masih tak menyadari

Bila wajahmu pucat lesu terbujur kaku

 

Bimbang hidup kau kan berakhir

Tidak kah kau tahu Dia yang Maha kuasa

Masih tak mengerti tiada hidup tanpa-Nya

Lalu kaupun tunduk membisu

Sejuta ketakutan

Bayangkan dosamu bagai lautan

Harap diberi peluang

Umur yang panjang

Kau kan jadi hamba yang sejati

 

SUMBER AKURAT  

 

Al Qur’an Al Karim

redaksi, majalah BOBO,anak milenium 3.1999

www.manasaja.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s